PUSKESMAS PEJAGOAN SIAP SUKSESKAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
PUSKESMAS PEJAGOAN SIAP SUKSESKAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
Melayani masyarakat dalam bidang kesehatan memanglah tidak mudah. Sejak berdirinya, Puskesmas Pejagoan terus melakukan pembenahan dalam segi pelayanan dan fasllitas. Untuk itu diperlukan cara untuk mengetahui serta dapat mengukur tingkat kepuasan masyarakat. Bertempat di aula Puskesmas Pejagoan, karyawan dan karyawati Puskesmas Pejagoan mengikuti sosialisasi SKM atau Survey Kepuasan Masyarakat (15/4).
Maya Triana Dewi, selaku koordinator program SKM ini menyampaikan jika tahun kemarin survey dilaksanakan dengan kertas survey namun tahun ini mulai diberlakukan dengan sistem online. SKM dengan sistem online ini sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Survey kepuasan ini dapat diakses melalui smartphone, komputer maupun laptop. Bukalah situs, https://skm.kebumenkab.go.id/ lalu pilih menu UPP dan layanan yang ingin diberikan penilaian. Setelah memilih, responden dapat mengisi identitas lalu menjawab 9 pertanyaan tentang kepuasan pelayanan di Puskesmas Pejagoan. Responden tidak perlu khawatir, survey ini tidak perlu mengisi biodata lengkap. Survey SKM ini hanya membutuhkan umur, tingkat pendidikan serta pekerjaan. Jika responden telah mengisi SKM, hasil dari survey tersebut dapat langsung dilihat pada layar.
Kepala Puskesmas Pejagoan, dr. Timbul Pranoto, M.Sc. menyampaikan survey SKM ini dilakukan setiap minggu pada bulan tersebut lalu di evaluasi setiap 3 bulan. Survey SKM ini meliputi seluruh pelayanan dari pendaftaran pasien hingga pelayanan pustu di setiap desa, ungkap Timbul.